Selasa, 16 Oktober 2018

4 Tips Persiapan untuk Tour Ke wisata di Jepang


Jika anda ingin mengisi liburan tentu anda sangat membutuhkan sebuah perencanaan yang cukup matang, agar liburan anda berjalan sesuai yang anda inginkan. Terlebih jika tujuan wisata anda merupakan sebuah daerah yang memiliki iklim yang berbeda dari tempat anda tinggal sebelumnya.

Perencanaan yang cukup matang mengenai waktu liburan , tujuan wisatanya, dan budget yang anda miliki menjadi hal-hal pokok yang perlu anda perhatikan dan anda persiapkan sebelumnya. Dibawah ini ada beberapa hal yang bisa anda pertimbangkan ketika anda akan berlibur ke Negara Jepang.

Persiapkan Dokumen yang diperlukan

Ketika anda akan berkunjung ke Negara lain tentu tidak semudah ketika anda berlibur di Negara anda sendiri. Ada berbagai macam dokumen yang perlu anda siapkan agar setiap perjalanan berjalan lancer. Nah, untuk Negara jepang sendiri anda memerlukan beberapa dokumen yang harus dilengkapi nantinya ketika anda akan berlibur kesana.

Persiapan Pertama, anda harus menyiapkan Visa sebagai rekomendasi untuk masuk Negara Jepang. Anda bisa membuat dokumen visa ini dengan cara mengurus sendiri ke kedutaan atau melalui travel agent.

Selanjutnya, anda juga harus menyiapkan kelengkapan visa kunjungan sementara dengan menyerahkan beberapa dokumen seperti passport, formulir permohonan visa yang telah dilengkapi dengan foto, fotocopy KTP, kartu mahasiswa, atau surat keterangan belajar apabila anda masih menjadi seorang pelajar.

Selanjutnya, anda perlu menyerahkan bukti pemesanan tiket dan jadwal perjalanan juga adalah sesuatu yang penting untuk dipersiapkan sebelum anda mengajukan visa liburan ke Jepang. Sekedar informasi saja, dalam mengurus hal ini anda memerlukan waktu sekitar 4 hari kerja, tapi jika anda menyerahkan pengurusan visa ke travel agent pasti akan membutuhkan waktu lebih dari 4 hari.

Jadi, disarankan untuk tidak menyiapkan nya dekat dengan hari dimana anda akan berangkat berlibur, waktu liburan ini akan menentukan anda dalam membeli tiket keberangkatan. Nah setelah tiket anda dapatkan, baru anda bisa mengajukan permohonan visa untuk berlibur ke Jepang.

Anda perlu tau juga kalo passport itu ada dua tipe passport, yang pertama adalah Passpor biasa dan yang kedua adalah E Passpor, untuk passport biasa anda bisa mengajukan Single Visa ke Embassy Of Japan agar anda bisa masuk ke Jepang dengan beberapa dokumen tentunya, Biasanya hanya akan berlaku 14 hari selama anda di Jepang, Dan untuk E Passpor anda bisa mengajukannya ke Visa Waiver dengan beberapa dokumen pelengkap, dan untuk Passpor jenis ini bisa berlaku sampai dengan 3 Tahun.

Waktu Pelaksanaan Liburan

Jika anda akan berlibur ke Jepang anda haru memperhatikan waktu pelaksanaan, Jepang itu terletak di daerah sub tropis dengan begitu Negara ini memiliki cirri yaitu adanya 4 musim. Musim juga sangat menentukan atmosfir ketika pengunjung berada disana.
Maka dari itu, jika anda akan bekunjung kesana dan jalan-jalan disana, anda harus mempertimbangkan musim apa yang akan terjadi disana. Misal, jika anda ingin menikmati indahnya bunga sakura, saya sarankan anda untuk datang ketika bulan-bulan maret sampai dengan mei.

Biaya yang harus anda siapkan

Jepang memang terkenal dengan biaya hidup yang cukup menguras kantong, hal tersebut sebenarnya disesuaikan dengan bagaimana gaya hidup kita. Tipe gaya hidup yang berbeda dapat menentukan biaya yang akan anda habiskan selama disana, kemudian akomodasi yang dimana anda akan menikmati liburan yang seperti apa dan tempat anda tinggal misalnya hotel dan yang terakhir adalah makanan.

Jenis makanan dan juga kelas nya akan mempengaruhi budget yang harus anda keluarkan. Mobilitas juga sangat menentukan besarnya budget yang akan anda keluarkan, tentu transportasi merupakan salah satu bagian dari mobilitas.

Budget juga perlu anda pertimbangkan dengan biaya masuk ke tempat wisata, beberapa tempat wisata di jepang memang tersedia tiket secara gratis, tapi tempat wisata yang berbayar juga ada. Tiket masuk ke setiap tempat wisata juga perlu anda pertimbangkan juga.

Nah, hal tersebut bisa anda tekan sebenarnya asalkan anda bisa menahan diri dan mencoba untuk tidak membeli barang yang tidak benar-benar anda perlukan.

Memilih Tour And Travel Agent

Selanjutnya tidak kalah penting yaitu memilih tour and travel yang tepat dan cukup berpengaruh kepada kualitas liburan anda. Ada berbagai pertimbangan yang bisa anda lakukan dalam memilih agent travel yaitu biaya, maskapai, destinasi, penginapan, tempat makan yang ditawarkan agent tersebut, dan lama waktu setiap berkunjung ke suatu tempat.

Anda harus mencari agent travel yang menyediakan pelayanan optimal misalnya saja Open Trip, Private Tour (dengan adanya private car, hotel standar berbintang) sampai dengan VIP Tour(misalnya saja Private car, Plus tour guide, hotel berbintang 5 dengan standar yang tinggi) tapi tentu disesuaikan dengan budget yang anda miliki.



21 komentar:

  1. Kalau persiapanku yang paling utama adalah waktu cuti suamiku, hahahahaa... Karena liburan kita semua tergantung dengan waktunya

    BalasHapus
  2. Belum ada gambaran ini mau liburan kemana. Akhir tahun rencana mudik Surabaya, dan ke Jogja.

    BalasHapus
  3. Belum kebayang akhir tahun bakal liburan ke mana, aplg ke negeri Sakura yg udah lama jadi impian bunda.

    BalasHapus
  4. Makasih infonya yang bermanfaat ya mbak Arius.
    Baca ini jadi makin pengen ke Jepang deh...

    BalasHapus
  5. Makasih infonya. Kapan gitu pengen ke Jepang ...

    BalasHapus
  6. Segalanya harus dipersiapkan dulu ya mba, biar enak.

    BalasHapus
  7. Wah, mau ke jepang memang harus persiapan yg matang ya

    BalasHapus
  8. Jepang itu impian wisataku, Mbak. Tapi ya secara budget perlu persiapan yang banyak, ya. Semoga kesampaian

    BalasHapus
  9. Sampai sekarang Jepang masih masuk dlm bucket list negara yg pengen dikunjungi. Semoga kelak bisa menjejak di sana.

    BalasHapus
  10. Jepang itu salah satu negeri impian. Pengeeeen banget suatu hari nanti bisa menginjakkan kaki di sana, atau bahkan tinggal selama beberapa waktu di sana. Ya Allah, semoga terkabul, aamiin YRA.

    BalasHapus
  11. Persiapan dokumen ini PR banget buat ak. Entah sjk kpn ga pernah megang2 n urus dokumen lg. Hihi. Pngn deh suatu hr bs ke jepang jg.

    BalasHapus
  12. Nah, hal tersebut bisa anda tekan sebenarnya asalkan anda bisa menahan diri dan mencoba untuk tidak membeli barang yang tidak benar-benar anda perlukan.


    Setuju dengan point itu. Jangan sampai pemandangan berupa barang-barang unik, menarik nan memanjakan mata membuat mata silau hingga tak berdaya mengalihkan budget ke barang2 itu yaa

    BalasHapus
  13. Huaaah, Jepang. Salah satu negara destinasi wisata impianku inih. Noted deh tipsnya. Semoga bisa segera menjejakkan kaki di Jepang. :)

    BalasHapus
  14. Jepang itu keren ya makanya ga heran banyak orang pengen berkunjung ke sana. Apalagi katanya bebas visa bagi WNI yg pake e-passpor.

    BalasHapus
  15. Waktu suamiku tinggal di jpng selama setahun dia masak sndri biar hmt

    BalasHapus
  16. thanks banget yah informasinya, jadi bisa buat bayangan saya nih kalau mau wisata ke Jepang.

    BalasHapus
  17. kmrn aku pake paspor biasa dan alhamdulillah hanya 5 hari jadi dengan mekanisme yg clear dan bs urus sendiri asal semua dokumen lengkap

    BalasHapus
  18. Wah pasporku biasa, soalnya pas bikin di imigrasi deket rmh blm ada epaspor...
    Moga2 ada rejeki bisa meihat Jepang secara langsung :D

    BalasHapus
  19. Liburan apalagi bawa krucils persiapan emang harus matang. Mulai urusan transportasi, voucher, penginapan dan perintilan lainnya

    BalasHapus
  20. Aku kalau ngerencanain liburan,hal utama yg aku siapin adalah waktu libur. Liburnya aku sama suamigg bareng...hiks

    BalasHapus
  21. Biar lebih murah lagi kakau berangkat liburan pas low season jadi nggak banyak orang yang berangkat.

    BalasHapus

Blogger Bengkulu

Blogger FLP

Warung Blogger