Jumat, 26 Oktober 2018

Tips Mendidik Anak Di Era Modern


Setelah masa pernikahan tentunya menjadi orang tua merupakan cita – cita setiap pasangan didunia ini. Menjadi orang tua ada banyak duka akan tetapi hal tersebut tidak bisa dibandingkan dengan sukanya yang bisa didapatkan. Misalnya saja melihat tingkah laku dan tumbuh kembang anak yang merupakan salah satu hal yang paling orang tua sukai.

Di era sekarang ini ada begitu banyak tantangan yang bisa dihadapi para orang tua didalam mendidik anak-anak mereka. Misalnya saja untuk anak sekolah dasar di era sekarang sudah bisa mengoperasikan smartphone, komputer, tab dan lain sebagainya, jika di pikir untuk usia sekolah dasar gadget akan memberikan banyak dampak negatifnya daripada positif nya. Ada banyak anak yang sekarang ini menggunakan smartphone hanya untuk bermain game bahkan tidak jarang bisa membuat anak malas dalam belajar.

Di era sekarang ini tentunya berbeda dengan kehidupan di zaman dahulu. DI zaman dahulu anak – anak terlihat lebih gigih, misalnya saja ketika berangkat sekolah, mereka rela jalan kaki meskipun jarak yang begitu jauh. Selanjutnya dari cara berpenampilan lebih tertutup dan sopan, beebeda dengan sekarang ini yang banyak bermunculan pakaian yang terbuka.

Anak pada zaman dahulu mereka sering bermain bersama teman-temannya. Ada begitu banyak permainan yang bisa dimainkan bersama – sama bahkan ada banyak permainan yang menuntut anak-anak untuk terus bergerak, berbeda dengan sekarang yang cenderung individual denan bermain smartphone. Anaka zaman dahulu juga lebih penurut tapi berbeda dengan zaman sekarang.

Perbedaan prilaku tersebut karena pengaruh dari kemajuan zaman. Tentu sebagai orang tua harus bisa menyesuaikan dalam cara mengasuh dan mendidik anak-anak sehingga dengan begitu dapat tumbuh dengan sangat baik. Nah disini saya akan memberikan beberapa tips dalam mengasuh anak di era yang sangat modern ini :

Tips Pertama Tidak Menggunakan Kekerasan

Orang tua pastinya memiliki gaya yang berbeda dalam mendidik anak-anak mereka. Ada orang tua yang mendidik anak-anaknya dengan gaya asuh pemisif yang lebih cenderung cuek, ada juga tipe mengasuh otoriter yang biasanya keras dan memaksa anak, ada juga yang tipe mengasih otoritatif yang lebih cenderung membebaskan anak untuk bisa lebih berkreasi. Tentu saja masing-masing gaya tersebut memiliki keunggulan dan juga kekurangan nya, tetapi saat ini akan sangat kurang relevan jika mendidik anak dengan menggunakan kekerasan atau bisa melaukai anak tersebut, tentu akan memberikan pengalaman buruk bagi anak ke depannya jika menggunakan kekerasan.

Kesadaran dalam pola hidup sehat

Orang tua modern saat ini sangat memperhatikan kesehatan anaknya. Ada banyak makanan instan yang menjadi perhatian banyak orang tua saat ini, dikarenakan banyaknya makanan yang tidak memenuhi standar kesehatan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh anak dan banyaknya makanan instan yang mengandung berbagai macam pengawet. 

Kemudian minuman instan berkemas yang juga makin banyak, jika dikonsumsi terlalu sering akan berdampak buruk bagi kesehatan. Dengan begitu para orang tua harus lebih sadar terhadap kesehatan anaknya.

Biasakan Untuk makan sekeluarga didalam satu meja

Membiasakan diri makan sekeluarga didalam satu meja merupakan kegiatan yang wajib dilakukan para orang tua saat ini. Tujuan dari kebiasaan ini adalah menjaga komunikasi antara keluarga misalnya ayah, ibu dan anak. Kesibukan sehari-hari menjadi alasan pentingnya menjaga komunikasi di meja makan, Ada berbagai macam persoalan yang dapat dibahas atau didiskusikan ketika melakukan makan bersama, misalnya saja masalah yang dihadapi selama seharian penuh ini, ataupun membahas hal-hal lucu yang membuat kekeluargaan semakin erat.

Berbicara Dengan Lemah Lembut

Tidak ada anak yang ingin dikasari oleh orang tuanya, termasuk juga dari hal bicara. Setiap anak tentu menginginkan kelembutan dan sentuhan yang tulus dari keluarga mereka. Maka berusahalah untuk membuat kebiasaan berbicara lembut didalam keluarga kecil kita, karena anak mempunyai sifat mudah meniru lingkungan sekitarnya. Jadikan rumah kita gambaran tempat yang nyaman untuk ia bermain dan tinggal. Agar si anak dapat membiasakan kebiasaan dirumah ketika ia berapa di lingkungan sekolah ataupun teman-temannya. 

Berikan Pengertian

Ajarkan dan biasakan untuk kita memberikan pengertian kepada anak, misalnya dari hal mengapa ia harus mandi, mengapa ia harus tidur lebih dulu ataupun harus tidur siang, mengapa ini boleh dan tidak boleh. Buat anak terbiasa dengan perngertian yang kita berikan agar belajar memahami lingkungan disekitarnya. 

Berusaha Jujur Kepada Anak

Banyak orang tua yang selalu membohongi anaknya agar anaknya menuruti perintahnya, padahal hal demikian akan berdampak buruk terhadap kita dan juga anak kita. Maka berusaha untuk jujur dengan anak, jujur dalam melarang dan jujur dalam meminta bantuan ataupun jujur dalam menasihati dan menjawab pertanyaan. 

10 komentar:

  1. Bicara lemah lembut itu.. kadang bisa kadang kelepasan Makkk.. tapi aku sering ngajakin ngomong dan curhat-curhatan ke Adis soal apa yang tidak dia suka dll

    BalasHapus
  2. noted mba, hehe. belum punya anak ni

    BalasHapus
  3. Pelajaran yang patut di ingat dan diterapkan ...

    BalasHapus
  4. Setuju nih, zaman sekarang cara mebdidik beda ya, lebih ke jadi sahabat anakn

    BalasHapus
  5. Mksh mbak tipsny . Akan dipraktekan jka nnti dah pnya anak. Hee..

    BalasHapus
  6. Makan bersama di dalam satu meja itu yang pegimana yaaak. Emang muat mak..

    BalasHapus
  7. Jadi PR banget ya jadi orangtua di zaman sekarang itu. Banyak yg harus diperhatikan, termasuk cara ngomong lemah lembut ke anak :)

    BalasHapus
  8. Makan bareng tapi jarang satu meja, kalo ngumpul satu meja paling pas puasa heuheuuu

    BalasHapus
  9. Intinya harus tegas ya kak dalam mendidika anak sendiri biar mandiri

    BalasHapus
  10. Kamarul Ajmi Progsus S1 Keperawatan Fikes Dehasen

    BalasHapus

Blogger Bengkulu

Blogger FLP

Warung Blogger