Rabu, 24 Oktober 2018

Tips Sederhana Belajar Bahasa Jepang



Siapa yang tidak mau berkunjung ke Negeri Teknologi itu? Saya sebagai seorang  Sarjana Komputer tentu sangat ingin sekali berada di Negeri Sakura itu. negeri yang kata orang terbilang biaya hidupnya mahal dan mempunyai kebiasaan sangat menghargai waktu. 

pernah terbesit dalam pikiran saya untuk melanjutkan Pendidikan selanjutnya di negeri ini, namun saya sangat tidak Percaya Diri dengan Bahasa inggris saya yang masih pas-pasan. Ditambah lagi orang-orang Jepang sangat menjunjung tinggi Bahasa negeri mereka. So, kita harus pkitai berbasa Jepang. Mesti belajar dari awal berarti, rasanya saya belum bisa belajar Bahasa Jepang. Akhirnya saya mundur teratur dulu. hee
Namun, ada beberapa tips sederhana yang teman saya bagikan dengan saya. Sebenarnya, semua dasar dari bahasa tentu memiliki keunikan tersendiri didalam pengucapan nya. Ada banyak alasan orang ingin menguasai bahasa asing tertentu. Misalnya saja ada orang yang ingin mahir dalam berbahasa inggris karena ingin sekolah diluar negeri dan lain sebagainya, alasannya mungkin sama dengan seseorang yang ingin bisa berbahasa jepang, mungkin saja ada yang ingin jalan-jalan ke Jepang, terobsesi dengan anime yang dilihatnya atau hanya ketertarikan dengan budaya Jepang.
Maka dari itu, kita harus memenuhi setiap kebutuhan yang diperlukan dalam mempelajari bahasa jepang, di artikel ini ada beberapa kiat atau tips belajar bahasa Jepang agar kita cepat mahir dalam berbahasa Jepang :
Pelajari secara praktek dan terus mengulanginya
Cara yang paling efektif menurut saya adalah dengan mempraktekannya, mempraktekan apa yang sudah dipelajari sebelumnya. Misalnya saja ketika kita sudah paham dalam pengucapan bahasa Jepang yang baik dan juga benar, maka ada baiknya kita benar-benar mencoba mengucapkan secara berulang apa yang sudah kita fahami secara verbal, Jika sudah sering di praktekan dengan begitu kita akan tau apakah pengucapakan kita sudah benar atau masih salah.
Setelah praktek dilakukan kita tinggal mengulangnya agar menjadi lebih terbiasa. Tentu sangat jelas bukan mempraktekan apa yang sudah kita pelajari didalam bahasa Jepang dan selalu mengulanginya merupakan salah satu dari tips belajar bahasa Jepang.
Selanjutnya adalah Sering Berkonsultasi dengan teman
Didalam belajar bahasa Jepang kita harus sering berkonsultasi dengan teman kita, Teman merupakan pelengkap didalam hidup kita, seperti yang telah kita sama – sama tahu, keberadaan seorang teman akan membantu kita untuk berkembang menjadi lebih baik lagi, karena hal itu akan membuat kita termotivasi dan terus berkembang. Maka dari itu jika didalam lingkungan kita memiliki teman yang mahir berbahasa Jepang, saya sarankan untuk sering berkonsultasi dengan teman kita tersebut tentang apa saja yang kita bingungkan dalam berbahasa Jepang.
Menjadikannya suatu kesenangan
Didalam hidup, kita biasanya akan memahami dan punya niatan untuk melakukan segala sesuatu dengan senang hat, Maka dari itu salah satu tips untuk belajar bahasa jepang adalah menjadikannya sebuah kesenangan dengan begitu akan cepat mahir dalam berbahasa jepang.
Dengan menjadikan bahasa jepang sebagai suatu kesenangan, kita tidak akan ada lagi keluh kesah ketika belajar bahasa jepang, misalnya saja : “ah, belajar bahasa jepang sangat membosankan” atau “ah belajar bahasa jepang susah” dan lain sebagainya.
Maka dari itu kita perlu menjadikan bahasa jepang sebagai suatu kesenangan yang jika kita melakukan nya, kita akan sangat senang. 
Membuat Jadwal
Segala aktivitas harus terjadwal untuk menghasilkan hasil yang sesuai dengan keinginan, dasarnya, segala sesuatu yang terjadwal dengan begitu baik pasti akan membuat kita lebih disiplin didalam melakukan segala hal yang akhirnya hal tersebut bisa dengan cepat kita kuasai termasuk dalam belajar bahasa jepang.
Misalnya saja dalam belajar bahasa jepang, pada dasarnya hal tersebut bisa menjadi contoh yang nyata didalam pelaksanaannya. Didalam mempelajari bahasa jepang, saya sarankan kita untuk membuat suatu jadwal mingguan atau bulanan yang dimana pada hari-harinya kita diharuskan untuk belajar membaca, menulis dan juga mengucapkan bahasa Jepang.
Itu adalah beberapa tips sederhana dalam belajar bahasa jepang, jika memang diikuti dengan baik kita bisa mendapatkan pengalaman luar biasa dalam belajar bahasa jepang.




32 komentar:

  1. wah, Mira bisa bahasa Jepang nih? Mantab gitu, suami mbak Sastra Jepang lho, dapat teman ngobrol Jepang berarti dia

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh...Mbk Zefy bisa aja. baru mau belajar mbk Zefy

      Hapus
  2. Wahh.. Trmksh y mbak tips nya ... Senang bgt klo bsa pegi ke negeri sakura tsb..

    BalasHapus
  3. Iya mbk Negsih, sama-sama mbk

    BalasHapus
  4. Dulu, saya kuliah di fakultas Ekonomi. Bahasa Jepang jadi salah satu mata kuliah. Asik belajar bahasa Jepang. Tetapi, memang harus sering dipraktekkan. Kalau enggak nanti kayak saya. Begitu lulus udah lupa sama bahasa Jepang hehehe

    BalasHapus
  5. Wah.. saya jadi kangen nih belajar bahasa Jepang. Dulu jaman putih abu-abu saya sempet mendapatkan les bahasa Jepang. Sampai tulisan hiragana gitu. Tapi setelah lulus saya lupa, dan sekarang saya juga pengen belajar bahasa Jepang lagi.

    BalasHapus
  6. Aku dulu sempat ikut Nihon Go Noryoku Shikken level 3.
    Alhamdulillah passed.

    Tapi cuma buat menguji, sejauh mana kemampuan les ku selama ini siih...
    Hahhah~

    BalasHapus
  7. Dulu pernah nyoba belajar bahasa jepang sendiri. Seru sih tapi gak ada temannya, jadi lama-lama bosen sendiri :D

    BalasHapus
  8. Kalo belajar bahasa asing sepertinya harus punya teman yang sama2 bisa bahasa tersebut, setidaknya setiap waktu bisa saling berkomunikasi dengan bahasa tersebut. Kalau nggak,biasanya cepet lupa gitu...hehe

    BalasHapus
  9. dulu saya sampe beli buku bahasa jepang karena ingi bisa bahasa jepang..e sekarang udah males belajarnya ><

    BalasHapus
  10. Sy jg pengen ke jepang mba.. Soalnya mantan otaku. Wkwk. N sampe skrh blm kesampaian pengen kesana. Pengen deh belajar bahasa jepang. Tp bhs inggris aj msh ngawur..heu

    BalasHapus
  11. Bahasa jepanh kini byk diminati ya mba. Sayapun kepengen belajar bahasa jepang 😍

    BalasHapus
  12. belajar bahasa harus intensif ya. Kalau bisa sih langsung terbang ke negeri asalnya supaya makin terlatih.

    BalasHapus
  13. Betul Mbak harus dijadikan kesenangan supaya belajarnya menyenangkan kalau saat belajar bahasa.

    BalasHapus
  14. Impian banget bisa main ke Jepang, mba. Negara maju yg warbyasaa canggih. Hmm, terus aku mau lihat bunga sakura juga sih mba kalo main ke Jepang :')

    BalasHapus
  15. Pengen bisa belajar bahasa asing..kayak Korea gituu

    BalasHapus
  16. Saya termasuk yang pengin berkunjung ke Jepang. Mau juga kalo ada partner, belajar bahasa jepang

    BalasHapus
  17. Setuju point menjadikan kesenangan mba, segala sesuatu entah itu belajar Bahasa Jepang ataupun bekerja jika dijadikan kesenangan pastinya akan membuat kita juga ringan dalam melakukannya. Dan aku uda coba itu :)

    BalasHapus
  18. Sebenarnya aku udah ada partner belajar bahasa Jepang. Ada ponakan yang baru aja lulus S2 dari universitas di Fukuoka, Jepang. Pertama dulu ngajarin aku dan anak-anak, sapaan dalam bahasa Jepang. Sekarang udah lupa lagi, hahahaa

    BalasHapus
  19. Ya ampun dari dulu pengen belajar bahasa Jepang tapi ngeasar banget bahasa Jepang tuh susah banget. Tapi semangat ah untuk mengulangnya biar bisa

    BalasHapus
  20. PonKanku dari Jepang kerja di sana 3th mba. Ak jjuga kepengen belajar bahasa Jepang dari dia. Tadinya rutin nanya ke dia trus sambil ngucapin. Eh malah akunya pindah kota

    BalasHapus
  21. aku pernah kursus bahas ajepang dasar selam 3 bulan, waktu itu sih pinter dan pas ujian nilainya bagsu tp krn ga dipake ya bablas deh hahaha

    BalasHapus
  22. Belajar tanpa praktek hasilnya bolong mba. Nantinya malah lupa.

    BalasHapus
  23. Aku termasuk penggemar pelajaran bahasa. Dari SD sampe SMA nilai yang bagus ya hanya pelajaran bahasa hihiii... Masih pengin belajar Bahasa Jerman nih, belum keturutan sampe sekarang.

    BalasHapus
  24. Dulu tamat sma pernah belajar bahasa jepang tp ga diulang jd ilang lagi wkwkw.. Makasih tips nya ka arius

    BalasHapus
  25. Menurut bunda belajar bahasa Jepang dgn huruf kanji itu susahnya minta amlun, sekalipun kita bawa enjoy. Jd siapa yg bisa mengatasinya acungan 2jempol dari bunda.

    BalasHapus
  26. Keluarga suamiku kebetulan Jepang-Indonesia, jadi suka belajar sama suami atau biasanya mendengarkan keluarga suami ngomong. Tapi agak ngejelimet ya lama-lama kalau diucapkan.

    BalasHapus
  27. Aku termasuk yang susah sekali dalam mempelajari bahasa entah kenapa kok lidah rasanya gak mau nyatu dengan apa yang diucapkan,

    BalasHapus
  28. Kalo untuk ngilangin logat gimana Mbak? Saya klo ngucap bahasa inggris aja sering ditertawakan karena logat tetap Jawa.

    BalasHapus
  29. Setuju dengan beberapa poin di atas. Untuk belajar suatu bahasa memang harus sering dipraktekkan sehari-hari.
    Contoh aja, sekarang udah jarang praktekin ngomong bahasa Inggris, jadi agak kagok mau ngobrol sama orang lain. Paling gak dipraktekkin sama anak, supaya mereka bisa belajar bahasa juga ya.

    BalasHapus
  30. Nah..paling sulit deh...belajar bahasa asing...apalagi jika perlu penekanan atau dialek khusus..

    Bahasa Inggris aja gagap..he2

    BalasHapus
  31. Kamarul Ajmi Progsus S1 Keperawatan Fikes Dehasen

    BalasHapus

Blogger Bengkulu

Blogger FLP

Warung Blogger