Kamis, 01 November 2018

Tips Travelling Ala Backpacker ke Hongkong


Jika anda ingin melakukan travelling ke Negara Hongkong rasanya anda perlu membaca tulisan ini sampai selesai untuk mendapatkan informasi yang saya dapatkan dari beberapa komunitas backpacker dunia maupun grup backpacker lokal. Informasi yang saya dapatkan ini sangat bermanfaat untuk anda yang ingin travelling dengan dana terbatas.

Selanjutnya apa tips yang bisa anda lakukan untuk travelling ke hongkong dengan budget sedikit atau sering disebut backpacker, nah dibawah ini ada hasil carai-cari informasi dari beberapa orang yang sudah mengalami, semoga bermanfaat.

Mulai dari Mata Uang

Sebelum anda berangkat ke Hongkong tentu saja anda memerlukan menukarkan uang yang anda punya terlebih dahulu. Mata uang yang digunakan di Negara Hongkong itu adalah Dollar Hongkong. Kalo tidak salah kursnya untuk 1 HKD ada sekitar Rp 1.750. Jika anda nanti ke Macau, anda tidak perlu menukarkan ke mata uang Macanese Pataca (MOP). Akan tetapi, ratenya lebih murah MOP disbanding dengan HKD.

Jadi saya sarankan anda jika mau berangkat ke Hongkong anda bisa masuk lewat macau dan nanti pulangnya lewat Hongkong. Nah dari macau sendiri anda tinggal menyebrang sekitaran 45 menit jika anda menggunakan kapal feri anda akan dikenakan biaya sekitaran Rp 250.000.

Sekarang pertanyaan nya adalah seberapa banyak yang harus anda bawa ? Nah, hal ini tergantung berapa lama anda akan tinggal di Hongkong, makanan yang akan anda beli dan hotel yang akan anda pilih. Untuk beberapa backpacker ada yang memberikan saran anda membawa uang sekitaran 304 juta (jangan lupa di tukerkan ke HKD). Biasanya untuk makan, jalan dan juga lain sebagainya untuk satu hari dan untuk sendirian kira-kira bisa habis sekitar Rp 300.000.

Nah, jadi relative nya anda membawa 1000 HKD saja anda bisa bertahan sekitaran 4 hari 3 malam. Tapi, diasarankan anda membawa cadangan kartu kredit. Jika anda tidak memiliki kartu kredit anda bisa bawa uang sekitaran 2000 HKD. Usahakan anda bisa mampir ke Macau, menurut beberapa traveler jika ke Hongkong tapi belum ke Macau itu serasa nanggung. Jadi beberapa para backpacker menyarankan melewati Macau dan pulang lewat Hongkong.

Penginapan Di Hongkong

Bicara soal penginapan disarankan untuk mencari penginapan yang berada di tengah kota supaya bisa dekat ke MRT dan angkutan umum yang lainnya. Kalo tidak salah yang paling ramai adalah Tsim Sha Tsui misalnya Mirador Mansion. Hanya saja bayangan hotel di Indonesia itu berbeda banget dengan bayangan hotel di Hongkong. Rata-rata kamarnya sempit di lantai yang cukup tinggi dengan sebuah fasilitas yang cukup terbatas. Jika anda ingin mendapatkan yang murah kisaran Rp 300.000. Akan tetepi jika di pusat kota enaknya itu bisa dekat dengan pusat perbelanjaan yang murah.

Tapi, jika anda membawa keluarga enaknya ana memiliki budget sekitar Rp 500.000 untuk satu malam. Ada yang memberikan saran menginap di daerah Wan Chai karena itu cukup dekat dengan MRT dan dekat dengan Masjid Amar yang memiliki kantin dengan menyediakan beraneka ragam makanan halal. Ada kabar juga bahwa di kantin ini dim sumnya sangat enak.

Jika anda memiliki budget yang berlebih enakan di Central. Tapi jika anda mencari hotel yang cukup terjangkau dan hanya Cuma untuk tidur saja anda bisa mencari di daerah Mangkok. Yang jelas anda bisa membaca beberapa review dan pembanding di situs-sotus hotel yang sama supaya anda tidak kecewa nantinya dengan kondisi aslinya.

Siapkan Koper atau Backpack

Koper atau backpack ini tergantung kebutuhan anda saja. Jika anda membawa keluarga lebih baik mengguanakan koper uang bisa masuk kedalam kabin atau anda bisa membayar bagasi lebih. Jika mau simple sih saya sarankan menggunakan backpack.

Hal terpentingnya anda membutuhkan adaptor kaki tiga, karena colokan di hongkong berbeda dengan di Indonesia. Anda bisa beli di took listrik, jika anda membawa banyak peralatan elektronik misalnya Handphone, power bank dan juga kamera bawa sekalian dengan terminalnya agar bisa digunakan sama-sama.

Terkahir adalah anda harus bisa menyesuaikan untuk pakaian yang anda pakai sesuai dengan cuaca di Hongkong umumnya saat akhir tahun ataupun awal tahun saat cuaca dingin.





9 komentar:

  1. Waaahhh Hongkong.
    Pengen ke Disneyland ala backpaper.
    Keren pastinya yaa.

    Wishlist banget, semoga bisa ke sana, aamiin :)

    BalasHapus
  2. ASiknyaaa tips ke Hongkong..
    Makasih yaaa

    BalasHapus
  3. Waaah makasih tipsnya Mbak. Anak saya pengen banget main ke disneyland Hongkong. Dan pernah juga sih kepoin tiket ke sana yang waktu itu pernah murah.

    BalasHapus
  4. Menarik sekali tipsnya... Tapi serius itu butuh 304 juta untuk backpakeran di Hong Kong?

    BalasHapus
  5. Duh jadi kangen Hongkong Kak.
    Pernah tinggal 6 tahun di sana, bahasanya masih inget banget.
    Jadi kepengen nabung buat balik ke sana, rreuni ceritanya heheh

    BalasHapus
  6. Jadi, kalu mau ke Makau juga, mending bawa mata uang yang maamn, Kak?

    BalasHapus
  7. Belum pernah nyobain ala backpacker tapi bisa dicoba nih buat ngajak teman. Karena sebelumnya sama suami dan keluarga jadi mencarinya yang memudahkan mamah saya waktu itu.

    BalasHapus
  8. Ya ampuuun pengen banget bisa backpackeran gitu.

    BalasHapus
  9. Kamarul Ajmi Progsus S1 Keperawatan Fikes Dehasen

    BalasHapus

Blogger Bengkulu

Blogger FLP

Warung Blogger